Bagi yang suka Begadang harus memperhatikan resikonya

tidur begadang

Kendibocor.com , mungkin kalian para lelaki utamanya pasti sering begadang untuk melihat sesuatu. Apalagi kalau berhubungan dengan sport seperti sepak bola, lebih seru lagi saat tim kesayangan mu yang bertanding wahh pasti kuat begadangnya. Banyak yang begadang saat piala euro atau world cup gak hanya satu dua orang yang begadang bisa jadi sekampung begadang semua hanya demi nonton pertandingan tersebut. Di warung-warung yang ada televisi + parabola mungkin tambah lebih rame yah nonton bareng disana. Oke kita kembali ke topik utama yaitu masalah begadang, entah begadang nobar atau begadang main game yang penting itu begadang kurang bermanfaat bagi tubuh anda. Tubuh kita ini juga butuh istirahat jadi punya pola rutinitas kehidupan yang mengatur segala aktivitas yang dilakukan organ tubuh dengan semestinya. Itulah kenapa kita terbiasa beraktivitas di siang hari dan beristirahat di malam hari. Lalu apa solusi nya bagi yang sulit tidur lebih awal atau gak terbiasa tidur awal. Ya kalian harus memaksanya agar tidur di jam awal bisa menjadi rutinitas. Menurut beberapa sumber bahwa tidur yang ideal adalah sekitar jam 10 malam. Jadi saat kalian bangun pagi hari itu akan mendapatkan banyak manfaat bagi tubuhmu. Lalu apa jika kamu tidur tidak teratur dan terjadi kurang tidur gara-gara begadang. Mari kita simak resikonya :

  1. Kamu tidak bisa mengontrol aktivitas, juga berdampak pada kondisi fisik dan mental

Jam tidur kamu itu sangat berpengaruh pada kondisi mental dan fisik, andaikan saja kamu bisa teratur tidur jam 9.00 malam atau jam 10.00 malam lalu bangun pagi juga teratur jam 04.00 atau 05.00 itu akan lebih menjaga kesehatan fisik dan mental mu. kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol aktivitas organ dalam karena jadwal istirahat cenderung berkurang. Akibatnya, jam biologis tersebut bisa rusak dan memengaruhi kondisi fisik serta mental, dengan kerusakan hati sebagai dampak terburuknya. Buruk sekali yah gara-gara begadang dan kurang tidur.

  1. Sering begadang akan membuat insomnia

Karena sering kacau dalam jadwal tidur bahkan tidak punya jadwal tidur yang pasti, itu akan membuat kalian terkena insomnia. Karena kurang tidur dan gak punya jadwal itu membuat tubuh kalian tidak bisa tidur, awalnya ngantuk tapi semakin malam kamu akan merasa bugar. Jika bisa tidur pun kamu tidak bisa memenuhi waktu tidur yang ideal untuk tubuhmu. Jika dibiarkan, kamu akan menjadi lemas saat bangun karena nggak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

  1. Kosentrasi mu akan menurun

Karena sering begadang dan jam tidur yang kurang ini mengakibatkan tubuh dan otak kurang istirahat. Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam “menguatkan” memori dalam pikiran. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian. Tidur yang cukup berdampak langsung pada suasana hati dan emosi kita, kemampuan kita untuk berpikir kreatif dan merespon dengan cepat.

  1. Mudah terinfeksi penyakit

Hanya gara-gara kurang tidur saja kamu menjadi mudah terserang penyakit. Jam biologis tubuh yang juga berperan dalam membentuk sistem imun, namun jika terganggu maka kinerja otak ikut terhambat. Tidur yang tidak ideal itu akan menurunkan sistem imun kekebalan tubuh kamu. Jadi kamu lebih rentan terserang penyakit ringan sampai yang mematikan. Banyak dari berbagai sumber bahwa kematian disebabkan akibat kurang tidur, Bahkan kurang tidur meningkatkan dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler. Kurang tidur mampu meningkatkan risiko kardiovaskular. Gangguan tidur yang sudah sangat kronis merupakan faktor penyebab terjadinya gangguan fungsi jantung, tekanan darah tinggi, dan juga stroke.

  1. Kamu akan sering lupa dan menjadi pelupa

Coba lihat teman kamu yang sering begadang dan kurang tidur dia akan sering lupa menaruh sesuatu barang nya sendiri. Jika kalian tidak ingin menjadi pelupa maka jangan pernah meremehkan tidur di jam ideal dan memenuhi kebutuhan tidur yang ideal. Maka dari itu tidur adalah peran penting untuk menguatkan memory otak mu. Apalagi jika kamu tidak ingin melupakan kenangan indah yang pernah kamu alami.

  1. Tubuh menjadi ndut, melar alias kegemukan

Jika Anda mengabaikan efek kurang tidur, bersiaplah dengan ancaman kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan juga mengancam mereka yang seringkali tidur larut malam. Hal ini disebabkan karena pada waktu tidur terjadi penurunan leptin (pemberi sinyal kenyang ke otak serta merangsang nafsu makan), dan peningkatan ghrelin (perangsang rasa lapar). kemungkinan bisa menjadi obesitas. Coba saja bagi yang begadang pasti akan merasakan lapar bahkan ingin menyantap makanan yang berlemak dan kabohidrat tinggi.

Ya itulah kurangnya manfaat bagi kalian yang suka begadang atau tidur yang terlalu larut malam. Banyak dampak negatif yang akan mengintai kalian, lebih baik kalian tidur dan menjaga kesehatan tubuh. Meski kalian di cap sebagai anak rumahan atau anak gak gaul itu tidak masalah yang penting kesehatan kalian lebih terjaga itu yang namanya keren. Sekian dulu dari kami kendi bocor .com semoga bermanfaat yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *